Ini Loh Yang Penting Kamu Siapin Ketika Kamu Ikut Ujian CPNS, No.4 Yang Wajib Banget!

Kalau mau ujian penting banget menyiapkan segala hal,  No. 4 wajib banget! 




Alhamdulillah, namamu sudah menjadi salah satu peserta yang lolos Seleksi Administrasi CPNS, aku ucapin, selamat ya!

Nah, sekarang waktunya kamu masuk ke tahap berikutnya, yaitu Ujian CPNS.


Jadi kamu harus bisa menghadapinya. Jangan tegang ya! Karena ini ada tips mudah bagi kamu untuk menyiapkan segala hal ketika ikut ujian CPNS.



 1. Lihat Baik-Baik Prosedur Ujian CPNS di Instansi Pilihanmu


Prosedur Ujian Masing-Masing Instansi Itu Berbeda,  Jadi Teliti lebih dalam ya!

Biasanya hal ini yang sering di sepelekan oleh peserta ujian CPNS, contohnya seperti aku dulu, di Tahun 2011. Karena aku anggap, Ujian CPNS itu seperti ujian biasanya, jadi aku tidak terlalu mementingkan bagaimana prosedurnya, yang penting aku ikut ujian, datang, kerjakan soal dan pulang.

Itu pikirku dulu,

tapi ternyata, aku salah besar--hal itulah yang penting, yang harus diketahui oleh Perserta Ujian CPNS, bayangin aja loh--saat aku ikut ujian Widyaswara di tahun 2011 di Lembaga Administrasi Negara, aku sudah kalah sebelum "berperang".

Karena aku salah lokasi tempat ujiannya. Bisa dibayangin deh, bete-nya minta ampun.

apalagi, ternyata lokasi tempat ujiannya itu , dekat dengan rumahku.

Subhanallah, makin tambah bete khan?. hehehe.

bisa-bisanya aku salah lokasi,

itu karena aku mengampangkan Prosedur Ujian CPNS di Lembaga Administrasi Negara di tahun 2011 kemarin, aku kira ujiannya di Kantor Samarinda Seberang-sebuah kota yang sangat jauh dari rumahku,

seperti Malioboro ke Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, jauh banget khan? hehehe.

padahal aku sudah, datang lebih awal 1 jam, tapi namanya belum rejeki, aku terlambat ke lokasi ujian hanya 5 menit. tapi tetap tidak diperbolehkan ikut ujian.

Jadi kalian harus ingat banget, Prosedur CPNS itu kudu wajib--kalian liat baik-baik, teliti dan analisa dimana tempatnya, cara mendapatkan lokasi tempat duduknya, apa saja persyaratan yang di bolehkan di bawa ke dalam tempat ujian, itu harus kalian tahu dan pahami.

Makanya, ketika aku ikut ujian CPNS di tahun 2014, aku sudah memperbaiki kesalahanku.

meski ujiannya di luar Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara aku sudah survey lokasi sebulan sebelum ujian dari Kotaku--Kalimantan Timur, dan memantapkan tempatnya--seminggu sebelum ujian.

Ya, memang bakalan keluar banyak biaya. tapi kalau kita bersungguh-sungguh mengikuti prosedur yang tertera di persyaratan ujian CPNS, insya Allah bisa ikut ujian tanpa harus kalah sebelum "berperang", dan bakalan ingat seumur hidup--betapa bego-nya diriku saat itu, hahaha



 2. Siapin Semua Administrasi Persyaratan Ujian CPNS





   Nah, ini juga perlu banget kamu siapin dari sekarang, administrasi apa saja yang harus kamu bawa ketika ikut ujian CPNS, misalnya Kartu Peserta Ujian, KTP, dan Alat Tulis.

Karena gak lucu deh, kalau sudah waktunya masuk ruang ujian, kamu bisa melupakan syarat administrasi ini. 


Bisa di bayangkan deh, kamu gak akan bisa ikut ujian CPNS. sayang banget khan!


jadi siapin hal penting ini, kalau perlu malam sebelum ujian, cek lagi kelengkapan administrasinya, jangan malah ngecek notif Instagram-mu ya, hadeh, hehehe


dan yang kamu perlu tahu, di ruang ujian itu--terlarang banget minjam sana sini--duh petugas ujiannya Killer--jadi udah deh--siapin gih sekarang. Mending minjam sebelum ujian, dari pada pas ujian kamu minjam, itu tips hematnya, hehhe


tapi aku gak punya tips hemat untuk meminjam KTP dan Kartu Peserta Ujian dengan Temanmu, karena itu limited edition, jadi harap di bawa kalau perlu di gantungin di depan pintu kamar mu --biar pas kamu keluar kamar--liat bahwa KTP dan Kartu Peserta Ujianmu "minta"di bawa sama-sama ^_^


Ingat banget itu ya!, jangan kaya aku-- dulu saat ikut Ujian CPNS di tahun 2014 di Provinsi Kalimanta Utara, aku bisa-bisa nya melupakan KTP yang sebagai syarat utama ikut ujian CPNS, dompet yang untuk KTP lupa aku masukin ke dalam tas ranselku,


lucunya lagi, inganya ketika pesawat sudah mau lepas landas, dan alhasil--aku ditinggal sendirian sama kakakku di pesawat, karena kakakku pulang ke rumah ngambil KTP, dan pesawat tidak mau menunggu tentunya, dan bisa dibayangin deh, gimana galaunya diriku.

Apalagi waktu itu, aku gak bawa uang sepeserpun, karena memang gak ada uang, hehehe. soalnya dulu khan cuma pegawai tidak tetap, gajinya kadang dibayar kadang dilupakan, hiks.

Makanya ketika di dalam pesawat, aku loh nangis deras--aku mikir--gimana nasibku ini--pelupanya gak pernah berubah, dan begonya tetap sama, hahaha.

Tapi untungnya, setelah nangis deras, baca Buku Majmu Syarif Surah Yasin dan Al Waqiyah--sebagai penghibur kesedihanku waktu itu yang gak tahu lagi mau gimana, nanti pada saat sampai di kota yang tidak pernah aku datangi seumur hidupku, apalagi tidak punya keluarga disana. aku takut terlantar disana hehehe


aku menemukan dompet kakakku di dalam tas baju-ku, ya Allah.


udah kaya nemu air di padang pasir, lega Masya Allah.

Rupanya, kakakku sengaja naruh dompetnya di dalam tas ransel bajuku, dan dia lupa ngasih tahu--ketika dia bawakan tas ranselku di Bandara.


Alhamdulillah--hehehe, dan KTP-nya akhirnya di bawakan kakakku--besok harinya, dia ikut penerbangan besoknya. Untung ujiannya masih seminggu lagi, hahaha.


tapi kamu jangan kaya aku ya!


Kamu harus benar-benar teliti banget administrasi Ujian CPNS, jangan sampe terlupa, nanti "KTPmu" sedih--dia sudah tahu kamu belajar tiap malam untuk ikut ujian CPNS,


eeh.. karena "dia"-kamu jadi gagal, nanti "dia" malah nangis terus kalau liat kamu, hehehe


Jadi Jangan Lupakan Mereka! Ting Ting Ting! 





3. Stop Media Sosial, Fokus-Fokus-Fokus Ujian CPNS



Fokus Fokus Fokus




Jadi ketika kamu mau ujian CPNS, stop dulu media sosialmu, kalau perlu di hapus aja dulu di HPmu, ntr kalo sudah selesai ujian--baru kamu Download lagi, di wifi gratis, hehe

hari gini semua mudah, jadi jangan bilang--gak bisa lepas dari media sosial.

Duh, emang media sosial itu oksigen, sampe gak bisa dilepas.


Untuk saat ini, kamu harus Fokus-Fokus-Fokus Ujian CPNS, belajar yang rajin-beli buku-buku CPNS di toko buku, kalau gak ada dananya, Pinjam sama saudara, teman, tetangga, atau teman facebookmu yang pengen menghibahkan buku-buku ujian CPNSnya.


atau kamu juga bisa download soal-soal ujian Gratis di blog mungil ini, jadi jangan bilang semua susah, soal-soal latihan sudah ada, tinggal kamu belajar sungguh-sungguh.


Baca Juga : Soal CPNS Gratis

Gimana sih ciri-ciri sungguh-sungguh itu?


FOKUS. FOKUS. FOKUS.


Kenapa aku kasih penekanan Tiga kali Fokus, karena aku ingin garis bawahi dan Bold gede-gede kalimat fokus itu dengan tiga kali penekanan.


Karena itu Penting banget.


Jangan seperti aku dulu, di tahun 2010, saat ikut Ujian CPNS di Kementerian DISKOMINFO di Jakarta, aku sama sekali tidak fokus.


Karena waktu itu aku cuma ingin jalan-jalan saja ke Dunia Fantasi Saat Ulang Tahunku di Jakarta, karena itu hadiah dari kakakku--ketika aku lulus seleksi administrasi di KOMINFO Jakarta.


waktu itu yang lulus seleksi administrasi di posisi ketiga,dan satu-satunya perempuan di ranking tersebut, jadi kakakku senang--dan aku diberi hadiah liburan ke dunia Fantasi di Jakarta.


Bahagia banget.


cuma ya itu, masalahnya--aku TIDAK FOKUS.


bawa buku cuma beberapa, aku lupa deh. yang pasti gak lebih dari lima buku.

belajarnya pun cuma baca-baca doang, tidak belajar sampai menghapal dan latihan matematika dengan serius.

dan hasilnya-tentu saja bisa ditebak--aku tidak lolos, karena yang dicari hanya 1 peserta saja, yang rangking pertama.

Sedih banget waktu itu, sampai aku ngedrop dan sakit hampir seminggu karena tidak lulus CPNS di KOMINFO,

tapi  aku bayar kesalahanku itu ditahun 2014, ketika aku ikut ujian CPNS di Provinsi Kalimantan Utara,

karena ini adalah tes yang sangat aku tunggu-tunggu karena di trahun 2012-2013 moratorium CPNS, jadi aku benar-benar sungguh-sungguh "bertemu" dengan ujian CPNS tersebut.


Media sosial waktu itu benar-benar tidak pernah aku sentuh lagi, non aktifkan akun, hapus aplikasi.


dan masukin banyak aplikasi Ujian CAT CPNS yang bisa di download Playstore Android.

karena kalau ada media sosial, kita pasti tergerak untuk "sibuk"disana, membalas sana sini, melihat jutaan informasi yang ingin kita tahu dan ingin kita bagikan.

Tentu saja, itu akan menarik dirimu-- ke media sosial lebih jauh, dengan melupakan Ujian CPNS yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

sayang banget khan, kalau hal seperti itu bisa kamu lupain, karena hal sepenting itu harusnya bisa kamu prioritaskan utama dari yang lain,  ketika kamu memang benar-benar bermimpi menjadi PNS.

Jadi udah deh nge-poin gebetanmu di Instagram, berhenti dulu kirim gombalan sana sini di akun twittermu, puasa dulu-tebar salam kompak di facebookmu, atau udah deh nonton youtube-mu sampai berjam-jam gak kenal waktu. 

Sekarang,  waktunya fokus ujian CPNS!  Fighting!



4. Jadilah Mata Kuda, Jangan Liat Kanan Kiri Oke!


Gak ada Soal Ujian yang mudah,  kecuali kamu yakin--meski soalnya susah,  kamu bisa lolos juga, hehe


Ketika kamu sudah duduk di depan layar komputer Ujian CAT CPNS, yang paling wajib kamu lakuin adalah Konsentrasi Penuh dan Jangan berharap orang lain, untuk bisa membantumu ketika kamu tidak bisa jawab soalnya, 

karena kamu itu di batasi oleh waktu, kalau kamu nanya kanan kiri oke, bisa dipastikan--kamu bisa terlambat dan waktu ujiannya habis.

udah lah, isi aja semampumu, ingat-ingat apa saja yang sudah kamu baca, kamu hapal, kamu tonton, kamu pelajari selama kamu hidup di dunia ini, hehehe.


Seriusan!, karena nanti Ujian CPNS yang kamu hadapi, 100% beda soalnya dengan tes ujian yang sudah kamu pelajari, memang bentuknya sama--tapi soalnya gak ada yang sama.

Jadi, apa yang kamu tahu selama ini di hidupmu, bisa banget keluar ada di ujian.

Seperti aku dulu, aku ingat banget--di soal Ujian ditanya : siapa Menteri Luar Negeri Indonesia yang pernah menjadi Ketua Mejelis Umum PBB, Nah--berhubung aku gak hapal nama-nama Menteri Luar Negeri Indonesia, aku milihnya sesuai dengan perasaan dan feelingku aja, 

seperti misalnya, aku gak suka sama menteri yang ini, karena dia gini, misalnya loh, hehe. beda dengan Pak Adam Malik--sepertinya beliau baik, aku sering dengar beliau di ASEAN, ya udah lah, pilih Adam Malik aja, hehehe


Ternyata--saat aku tanya google setelah keluar Ujian CPNS, bener 100 persen itu adalah Pak Adam Malik, hore!


Pengalaman suka dengan nama seseorang waktu sekolah dulu, berguna ternyata!


Nah, makanya kamu harus PERCAYA DIRI, mentalnya kuat dan jangan pesimis gak bisa mengerjakan soal CPNS, banyak kok yang bisa lulus, siapa tahu kamu salah satunya!


dengan jadi Mata Kuda, gak usah ngeliatin sana sini, konsentrasi saja dengan soal yang ada di depan komputermu.


kamu berpacu dengan waktu.


Selesaikan dulu, soal yang kamu anggap mudah, baru kamu selesaikan soal yang sulit.


Jangan kebalik ya!, nanti kamu bakalan makin penasaran dengan menjawab soal-soal yang sulit, dan ketika kamu menjawab soal yang mudah--habis deh waktunya.


udah gak usah penasaran, 


jawab yang kamu bisa!, dengan mudah dan cepat!


Ingat loh, kuda itu--selalu terarah satu tujuan dengan yang dimaui oleh Pak Kusir, nah kamu juga gitu,


harus satu arah tujuan , yaitu jawab soal ujianmu dengan serius,


yakin deh, kamu bisa lulus!



5. Jangan Lupa Sedekah Dan Minta Doa Restu Orang-Orang terdekatmu



Beli Mimpimu dengan sedekah,  ajaib hasilnya cuy!


Ini hal yang paling sering aku lakuin, kalau lagi galau mau ikut ujian kuliah, jadi sebelum ujian--aku pasti sedekah ke kotak amal masjid untuk minta sama Allah dipermudah ujianku, karena yang aku tahu -- kita dapat membeli apa saja impian kita dengan sedekah.

dan aku juga dulu suka minta doa restu dengan orang tuaku, keluargaku, kakak-kakakku, tetanggaku, teman-temanku, siapa tahu dari keikhlasan hati mereka mendoakanku, ada salah satunya yang di kabulin sama Allah,


Baca Juga : Cara Mudah Sedekah
 
jadi jangan lupain juga hal terpenting ini.


Sederhana tapi luar biasa pengaruhnya buat hidupmu ketika kamu lagi galau ikut ujian CPNS. Sedekah bisa membeli impian-impianmu dan mempermudah segala urusanmu. 


Baca Juga : Jadi PNS Karena Sedekah

Semangat ya!


Hal-Hal yang penting ini semoga bisa jadi referensi kamu, untuk siap "bertempur" di ujian CPNS Instansi pilihanmu.


Ingat, Jangan Kalah Sebelum Bertanding!



Aku doain,  kamu bisa lulus ujiannya,  sukses terus ya! 



Tenggarong,  17 Desember 2019



Your Best Friend Forever



Rohana Permata Sari





Comments