Jadi PNS Karena Uang



Kalau kamu pengen jadi PNS,  kamu harus menyiapkan uang loh.  Tapi jangan berburuk sangka dulu.   Ini bukan uang untuk nyogok panitia CPNS.  Karena zaman sekarang,  sogok menyogok untuk masuk PNS bakalan berat banget hukumannya,  bagi yang menyogok dan yang memberi uang sogokannya.  Jadi bisa dipastikan--hal itu tidak akan ada di setiap ujian cpns di tahun milenial ini.

Tapi uang yang kamu siapkan itu adalah uang untuk melengkapi persyaratan CPNS yang administrasi dan tekniknya detail dan cukup membuat kamu harus membuka tabunganmu.

Coba bayangin aja,  kamu harus menyiapkan dana untuk membuat salinan copy surat-surat,  Pembuatan SKCK,  Membeli buku-buku Tes CPNS di Gramedia,  Uang Rental Warnet Berjam-jam untuk download soal-soal cpns di internet,  Mengikuti Tes Toefl di bimbingan bahasa inggris,  biaya transportasi dari rumahmu ke semua tempat yang mendukung persyaratan CPNSmu juga sangat dibutuhkan.  Belum lagi,  biaya internet paket handphone-mu untuk mengupload data-data CPNS tersebut dan biaya Print Kartu Peserta di Rental.

Semua butuh uang.  Yang harus kamu persiapkan dari sekarang.

Bahkan,  saat kamu lulus administrasi pun.  Biaya untuk mengikuti ujian tertulis pun harus kamu keluarin.  Apalagi kalau kamu mengikuti ujian di luar provinsimu.

Kaya aku dulu-- mengikuti ujian di provinsi lain menggunakan dana sebesar 6 juta rupiah--untuk tinggal 1 minggu di provinsi tersebut--agar bisa lebih banyak istirahat dan belajar lagi di hotel serta aku bisa cek lokasi ujianku.  Kenapa mahal? Karena kebetulan--Provinsi yang aku ikuti ujian cpnsnya adalah provinsi baru pemekaran yaitu Kalimantan Utara-- jadi semua barang disana mahal apalagi untuk hotel tempat tinggalku kemarin.

jadi kalau kamu berpikir--jadi PNS itu minim biaya dan uang.  Bisa dipastikan kamu salah besar.  Karena biaya kamu mengurus administrasi,  teknis dan ketika kamu mengikuti ujian semuanya memerlukan biaya yang besar.

Jadi dengan uang yang sudah banyak kamu keluarin itu,  bisa buat kamu bersungguh-sungguh mengikuti ujian CPNS dengan banyak persiapan yang matang.

Dari Segi Mental,  Segi Rohani,  Segi Jasmani,  Segi Materi,  dan Segi Doa.

5 Strategi Itu Harus Kamu Lakuin.  Penjelasannya ada di dalam blog sederhana ini ya.

Jangan lupa di klik-kik dan dibaca.

Karena dengan persiapan yang matang--akan membuat biaya yang sudah kamu keluarin menjadi lebih berkualitas.

jadi dari sekarang,  harus pergunain uang dengan bijak.  Jangan boros apalagi ketika kamu ingin menjadi PNS. 

Selalu gunain uangmu seefektif mungkin untuk bisa melengkapi persyaratan detail CPNS dan jangan remehkan sekecil apapun kamu ngumpulinnya dari sekarang.

Tapi kalau kamu bukan tipe orang yang suka nabung,  seperti aku--coba dari sekarang--sedekah aja.

Jadi kalau mau ngapa-ngapain--mudah.  Kemarin aja--aku gak nyangka di beri hadiah sebanyak 6 juta rupiah sebagai ongkos ke luar provinsi untuk mengikuti cpns.

Karena aku memang bukan tipe orang yang suka nabung.  Karena suka kepikiran kalau punya banyak uang,  hehe.  Jadi lebih baik disedekahin dan hasilnya memuaskan dan ajaib.

Segalanya jadi lebih mudah.

Tapi tetap merluin uang dong buat sedekah.

Jadi harus tetap bijak terhadap penggunaan uangmu--agar dengan uangmu yang berkah bisa bikin kamu jadi PNS.

Fighting!

Comments