Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Pegawai

Gue pengen ceritaan tentang pengaruh kepemimpinan dengan disiplin kerja pagawai pake bahasa kualitatif. Gue suka gemes sama judul ini.. kenapa sih pengaruh itu harus dibahas pake data angka-kuantitatif.

Padahal, kata Dosen keren saya, Pak Djumadi--penelitian sosial itu pasangan data analisisnya pake analisis kualitatif, dengan metode interaktifnya Miles dan Huberman.
Karena apa yuk?

Menurut Sugiyono, penelitian kualitatif itu bersifat holistik alias menyeluruh dan penelitian kualitatif bagus untuk penelitian sosial karena untuk mencari makna dari masalah sosial tersebut, gak sekedar menyimpulkan tapi gak ada makna terkandung didalamnya.

Okay bro, kita teliti mungil aja yuk soal kepemimpinan mantan bos-bosku yang bikin aku disiplin ngerjain tugasnya , yuk capcus!

Pake bahasa anak kekinian, 😅😂,  tapi insya Allah menyenangkan hati. 

1. Ibu Ida dan Bapak Eryadi
Adalah Kasubag Program di Balitbangda Tenggarong, kepemimpinan beliau lebih kekeluargaan dan pendekatan personal seperti memberi reward tiap hari--(baca: memberi makanan) , bikin aku sebagai pegawai beliau rajin bekerja.

Maklum makanan itu doyan banget gw, apalagi kemaren pas lagi di tahun 2011-2013 lagi sulit-sulitnya hidup gw jadi anak honor yg 5 bulan sekali gaji baru dibayar, makanan siang dan sarapan gratis itu amat menyenangkanku--makanya bikin gw rajin bekerja di Balitbangda Tenggarong kemaren.

2. Pak Asnawi
Adalah Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Utara tahun 2016 kepemimpinan beliau lebih interaktif karena beliau orang yang supel, pandai berkomunikasi dan bersosialisasi. 

Gue sering diperhatiin beliau buat makan siang, pernah tu pas aku merantau di tahun 2016 kemaren, beliau minta aku datang jam 11 siang , padahal acara Musrembang-nya dari jam 8, beliau minta aku makan gratis disana, ah baiknya si Bapak.. bener banget beib! Makan gratis yang enak pas gw sendirian merantau itu ajib say.. bikin  gue semangat puLL kerja.. makanya kalo beliau minta tolong ape, gue cepat bantuin, soalnya beliau juga cepat bantuin perut gue buat ingat untuk makan ^_^ 

belum lagi, si Bapak orang yang gak pelit, pernah tuh beliau pake uangnya sendiri buat bayar iuran Kantor dan ngasih pegawainya uang buat persiapan menikah, baik ya si Bapak ini..

masa dengan pemimpin yang baik gini, gue apatis dan cuek-cuek bebek, gue khan bukan bebek, saya manusia biasa penyuka bebek hehehe

3. Pak Tumangke Lebang
Adalah Kasubag Program di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Utara ini sosok yang idealis, diantara mantan pimpinan gw.

gw paling suka pimpinan gw yang ini, soalnya beliau ini jarang maksa-maksa gue ngerjain sesuatu.. selow aja orangnya, santai kaya di pantai, hahaha..

Baik banget lagi, pernah tuh di tahun 2015, kata orang-orang--dia itu bodo, galak dan pemalas. Aissh... gw gak langsung percaya keles. Gue musti teliti sendiri. Ni bapak orangnya gimana.

Pas gue dipindahin jadi anak buah beliau, gue langsung kagum.. soalnya ternyata seabrek karya tulis ilmiah beliau kerjain sendirian, si orang lain itu cuma ngerjain RKA doang.. bocornya kemane-mane..

Please deh lu! Karya tulis ilmiah itu sulit keles! Lu aja males ngerjain dan gak dipercaya bos gue buat ngerjain, 
kenapa yuk? Lu rajin fitnah sih, rajin menghina.. bos lu sendiri lu hina.. gimana teman lu sama keluarga lu.. jelek mulu mah menurut lu.. 

lu aja ngira keluarga gue orang jahat..karena gue curcol galau sama lu, pdhal gw ngetes lu dong.. sahabat baik ape bukan, eh ternyata bukan hahaha.. 

Lu tahu kaga, Keluarga gue orang-orang paling baik euy! Paling manjain gue.. paling tahu gue maunya ape.. lu nape? Cembokur atau dengki? Hehe. Suka-suka lu lah.. gue biasa di fans-nin sama haters tercinta gw kaya lu.. hehehe

Gue doain lu jadi Milyaner dah!

Oia, Bos gue ini juga baik pisan, sama orang yang ngina dia aja, masih di  baikin, dia nyariin diklat , baik banget ya si Bapak ini.. bapak ini bener deh.. mirip kakak-kakak gue.. 

perhatian dan gak zalim sama gue.. makanya gue disiplin banget ngerjain tugas-tugas apapun dari dia.

Wong dia jarang nyuruh gue.. please deh.. ni si Bapak, pendekatan kepemimpiannya paling ngetop karena ia mendekati seseorang pake hati tulusnya.

Dia paling perhatian di kantor gw sama nasib orang-orang yang gak dapet TPP. 

Keren khan si Bapak, kaya pejuang buat orang banyak. Masa sih sama pemimpin kaya gini  , gue harus jadi orang males.. nehi muhabatten keles! Gue musti disiplin dan disiplin adalah hidup gue. 

Gue rela aja, ngerjain sendirian tugas sebanyak-banyaknya tugas di Program, karena emang cuma gue stafnya keles.

Lah yang lain, pandai pisan koar-koar--bantuin bersihin lemari si bapak aja kage ade.. cape dehh adeek.. lu jangan fitnah-fitnah bos gue ye.. tu orang, orang baik keles. 

Kamu yang fitnah-fitnah beliau,  saya doain jadi penduduk surga Firdaus anda.. aamiin ya Rabb

Lu rajin memfitnah dan mencela itu alasan gue gak suka curcol terbuka sama elu. kata Nabi gue--jangan dituruti orang-orang yang suka memfitnah, mencela serta menyebarkan aib kesana kemari. Maafin yaa.. ^

 Gue malah sering terbuka sama bos gue, pak tumangke. Asyikk khan? Hehehe. Bos terkeren karena dia bisa tahu isi hati gue meski gue kaga ngomong sama dia keles!.. deabak mister deh!

Malahan dia pernah ngasih honor dia buat pegawai seluruh honor di kantor, cuma dia pemimpin yang bagi-bagiin honornya ke seluruh anak honor, baik banget khan ni orang... asyik bapaknya, yang kaya gini dibilang jutek, ih anda gak liat pake hati sih.. jadi susah deh.. saya doain biar hati anda sebaik orang yang paling baik di dunia ini, aamiin ya Rabb.. 

Pentingnya kepemimpinan pemimpin bikin seseorang bisa jadi disiplin Gila!, haha...


Gue pas jadi Cleaning Service di Balitbangda selain bos gue ibu Ida dan pak Eryadi , Big Boss gue itu Allah, Allah yang  ngedit gue keles!, kalo gue males, ntr males juga Allah sayangin gue.. asyiiikk..

Kalo gue rajin dan disiplin, Allah bakalan lebih rajin dan Lebih disiplin merhatiin  gw lebih dari sekedar gaji, rejeki nomplok gue dapatin.. dan itu udah kebukti beib!
Hidup gw bahagia pisan..dan menenangkan...alhamdulillah. .

Rajin dan disiplin meski gak dilihat.. eits enak aja.. lu kira Big Boss gue gak bisa lihat...
Dia ngeliat bro! Gue mau pamer sama Dia, mau manja sama dia-- lu kenape aneh? Lu gak punya big Boss...? Big boss lu siape? Duit? Jabatan? Pujian? Kelaut aje deh.. gw suka ke laut, hehehe...

Kepemimpiannya Allah sang Maha Mulia dan Maha Kuasa inilah alasan gue Disiplin Mandra guna meski lu caci, lu cuekin, lu kaga hargain.. gue doain lu lu pade jadi milyaner masuk surga firdaus semua, aamiin ya Rabb... hehehe... ^_^

Kepemimpinan Pemimpin-lah yang bikin bawahan bisa jadi disiplin ngerjain tugas apapun dan seberat apapun karena rewardnya segedhe apapun yang belum pernah di lihat dan di bayangin.

Wah gue tergiur. Wkwkwk...:D

Disiplin yee.. ada Big Boss yang liatin elu dari tadi..hehehe... hwaiting!

Btw bahasaku tadi--mirip anak gaul gak sih?  Hahaha

Yang pasti--para Pemimpin-Pemimpin tersebut pengen juga Surga dari Allah  dengan berbuat baik kepada orang lain dan ingat sama yang di katakan Rasulullah Sallahualaihiwassalam dibawah ini --


Dari Abu Yusuf yaitu Abdullah Ibn Salam ra. berkata: Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:  

Hai sekalian manusia, sebarkan salam, berilah makanan, hubungkanlah sanak keluarga,dan dirikanlah shalat ketika orang-orang sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.

(HR al-Tirmizi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis sahih)


Gambar dibawah ini adalah gambar saya saat dipercayai oleh Kantor untuk mengikuti kegiatan penyusunan Renstra (Rencana Strategis) dan mempresentasikan Renstra Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Utara di Yogyakarta tahun 2016 di hadapan Dosen-Dosen Universitas Gajah Mada Yogyakarta. 


Semoga kisahku itu menginspirasi ya,  jangan lupa selalu mendoakan Pemimpin-pemimpin kita agar Allah selalu lindungin mereka dan orang-orang yang mereka sayangin,  aamiin ya Rabb. 

Sumber Tulisan : http://selangkahlagiandamasuksurga.com/index.php/kajian/temadetail/1109/memberi-makan-menebar-salam-dan-shalat-malam

Comments