4 Strategi Materi

4. Strategi Segi Materi
Amunisiku Sebelum Berperang 


     Dear, dalam berjuang mengikuti Tes CPNS, kamu juga harus mempersiapkan materi agar dalam "berperang" kamu tidak memiliki pedang yang tumpul. Jadi Asah terus pedangmu, sebelum berperang menuju Tes CPNS.

Asah pedangnya juga jangan satu hari sebelum berperang, soalnya pedangnya itu masih tumpul dear.. hehe. Asah pedangnya minimal 3 bulan sebelum ujian, untuk makin mempertajam, usahakan dari soal-soal itu 70% kamu menguasainya.
Misalnya dalam menghapal UUD 1945. (Serius Loww.. itu banyaaak buanget nha), hehe.. iya, memang banyak banget. Tapi aku gak minta kamu menghapal mati butir-Butirnya, tetapi temukan Triknya dan kata kuncinya biar kamu ingat dan mudah meghapalnya, tanpa harus hapal mati ;) emang bisa nha?- bisaa dong.. asal ada tekad, kemauan dan keyakinan semuanya mudah^^

perlu kalian ingat Guys, UUD 1945 terdiri atas 20 Bab, 73 Pasal, 194 Ayat, 3 pasal Aturan Peralihan dan 2 pasal aturan Tambahan.
dan UUD 1945 di amandement sebanyak 4 kali.

Tips dan Kiat Menghapal UUD 45 Diluar Kepala

Peru diingat,  UUD 1945 telah di amandemen sebanyak 4 kali
Perubahan Pertama Tanggal 19 Oktober 1999
Perubahan Kedua Tanggal 18 Agustus 2000
Perubahan Ketiga Tanggal  9 November 2001
Perubahan Keempat Tanggal 10 Agustus 2002

Ingat saja, tipsnya-setiap Soal CPNS selalu yang berbeda itu Tahunnya.
Jadi Ingat saja dimulai Tahun 1999. Hitung sampe 4 kali, berarti berakhir di 2002.
Mudah khan?. Kalau kamu pengen menghapal Bulannya atau tanggalnya, kamu bisa 
cocokkan dengan Tanggal spesial kamu, misalnya tanggal 19 itu satu hari sebelum kamu ultah
atau bulan Agustus itu Bulannya kemerdekaan Indonesia, See? Enak dunk menghapal dengan cara Bahagia khan? ^_^

Kemudian, Buat menghapal Bab dan Pasal-Pasalnya, Kamu bisa menghapalnya sambil nonton Iklan aja, atau saat mau bobo, jadi mudah Loh..
tapi gak perlu sama persis menghapalnya yang penting inti-intinya aja kamu tahu,dan kamu menghapalnya semudah yang kamu bisa deh.. kalau aku dulu.. ku bawa sambil nyanyi-nyanyi atau ku ingat dengan simbol-simbol yang aku suka, biar keingat.
Tapi aku menghapalnya gak langsung banyak, misalnya hari ini menghapal BAB 1 dan Bab 2, besok Bab 3 sampe BAB 4, begitu seterusnya.
Nanti di Tulisan selanjutnya akan dibahas ya friend, gimana cara mudah menghapal UUD 1945.

Begitu juga saat kamu menghapal Soal-Soal di Latihan soal CPNS, kamu ingat saja apa kata kunci di soal itu, kalau perlu kamu baca sampe 3 kali, baru kamu cocokkan sama jawaban benarnya (ini tips menjawab soal TWK-yang paling mudah kamu hapal, karena jawabannya tak pernah berubah sampe kapanpun)

Sedangkan untuk soal TIU. Tes Intelegensia Umum, kamu harus menggunakan Nalarmu dear.
Jadi misalnya, Sepatu = Kaki, nah cari jawabannya yang sesuai dengan soalnya, sepatu itu adalah benda yang dimasukkan di Kaki, maka carilah jawabannya yang sama antara Kanan dan Kiri. Misalnya Cincin = Jari. Nah itu Jawaban yang benar.

Kemudian jika ada soal yang mengharuskan kamu menulis, seperti  Andi adalah anak termuda dan lulus Sarjana kedua, kemudian Ika adalah anak sulung lulus sarjana terakhir sedangkan Ali adalah Anak Kedua yang lulusnya tidak lebih dulu dari anak sulung di keluarga mereka. Coba Susun siapa yang sarjana dari yang terakhir.

Berarti ini ditanya, susunan di keluarga itu yang lulus sarjana terakhir kali. Ini dear, kamu harus tulis di kertas, kalau perlu pake tanda panah biar kamu gak bingung. Andi = bungsu = 2 (lulus sarjana kedua)
             Ika = Sulung = 3 (Lulus sarjana terakhir)
             Ali : anak kedua = lulusnya tidak LEBIH DULU dari anak sulung (Ika)

berarti susunannya gini dear , khan di minta susun dari yang lulus sarjana yang terakhir : Ika, Andi dan Ali

Ingat ya dear, buat soal yang seperti ini, KAMU HARUS TULIS dikertas coretan, biar memudahkan kamu menjawabnya dear :)

Kalau TKP, Tes Kompetensi Pribadi
Jadilah lebih selektif menjawab soalnya, memang semua pilihan tak ada nilai o dan disalahkan, tertinggi nilainya 5. Namun berapapun Pointmu, setidaknya kamu HARUS mendapatkan nilai 5 atau 4 paling minimal, agar pointmu Tinggi.

saat Tes CPNS 2014 kemaren, aku sudah menetapkan Targetku 350 Point, agar aku bisa aman. Paling tertinggi pointnya itu 500 Point dear. Namun aku tetapkan target selalu 70% dari hasil, setidaknya aku kuatkan di tempatnya aku bisa kuasai. Misalnya Karena aku lulusan Sosial, aku lebih kuat di TWK-disana aku kuasai dalam 1 bulan soal-soalnya, dan kuhapal selalu lalang (maksudnya Selalu tapi kujadikan nyanyian aja, saat nonton iklan atau saat mau bobo, kaya hal yang iseng, tapi kujadikan kebiasaan dear, biar mudah ingat)

Sedangkan Bidang yang paling aku sulit menguasai adalah bidang TIU, karena ini memerlukan konsentrasi, dan setiap soal berbeda dengan jawaban yang kita pelajari di latihan-latihan soal, maka dari itu-untuk materi ini, aku kasih waktu 1 bulan lebih untuk menguasai bidang ini. dan di saat bulan ketiga, aku ulang lagi bidang TIU ini agar bisa ingat. Targetku dahulu setidaknya lulus, dan di Point 100. Meski kayanya sulit- lulus aja syukur Alhamdulillah, hehe. tapi harus yakin ya dear. Kamu Pasti Bisa. dan yang sudah menguasai TIU, maka naikkan Targetmu, kalau bisa 120 Point :)

Tes TKP aku pelajari 1/2 bulan aja dear. Karena diantara kedua materi TWK (Tes Wawasan kebangsaan) dan TIU , TKP adalah materi yang termudah. Itu adalah kabar baiknya-kamu mudah menjawabnya, tinggal  pilih yang paling terbaik diantara yang baik., pilih yang minimalisir kesalahan kamu sedikit dan pilih yang resikonya sedikit dan Pilih yang Loyalitasnya lebih banyak dengan perusahaan dan pimpinan.
Namun Berita Buruknya- semua teman-teman tesmu pun menganggap ini materi yang mudah dan mudah pula mereka menjawabnya.
Jadi satu-satunya cara dan tips terbaik adalah Temukan NILAI 5 itu di soal TKP, ibaratnya kaya menemukan kunci peta "harta Karun" di soal-soal TKP, carilah yang TERBAIK diantara yang BAIK.
kamu pasti bisa. Asal banyak Latihan, yakin sama Allah buat bantu kamu.

Yang Pasti dear, jangan menutup semua kesempatan buat kamu paham akan materi-materi Latihan CPNS, dari mencari soal-soal Gratis di Internet termasuk di Blog ini, dan Membeli Buku-Buku Latihan-Latihan CPNS. Tak ada yang sia-sia ya dear.
Kalau ada yang nyeletuk gini "gak usah belajar, aku aja lulus gak dengan belajar"
Gak usah di dengerin ya dear. Itu ada Faktor Luck di dia, tapi jangan samakan dia dengan kita. dia memang bisa dapatkan hal tersebut dengan mudah. Tapi berbeda dengan seseorang yang mendapatkan inginnya dengan kerja keras dan proses, Allah lebih menyukai seseorang yang bekerja keras dalam proses meraih impian-impiannya.

DAN kamu akan merasakan Nikmat yang Indah banget. Saat kamu berusaha dengan semaksimal mungkin dan kamu lulus dengan nilai yang baik. Maka hasil usahamu gak pernah sia-sia.

Semuanya akan berakhir dengan indah ya dear. Semangat terus.


Comments