Jangan Menghina Kantormu Dan Pimpinanmu

 



Orang bijak pernah berkata, jangan Pernah meracuni sumur yang sering kamu minum. 


Itu artinya. Jangan pernah menghina Pimpinanmu atau Kantormu--karena kamu mencari makan disana. 


Jika memang tidak suka--bicarakan empat mata bersama beliau, jangan dihadapan orang lain--yang terkesan melecehkan kehormatannya. 


Kalau tak mampu berbicara dari hati ke hati--coba kirim surat kepadanya. Dan utarakan ketidaksukaan kita terhadap sesuatu hal yang sering bikin kita gelisah siang dan malam. 


Kalau sudah berusaha dan tanggapan beliau belum memuaskanmu. Bawa bersyukur saja. Karena kalau kita bersyukur--nikmat Allah akan di tambah (Qs. Ibrahim : 7) 


Karena kata Iklan yang sering aku tonton di Channel Rodja TV--kalau pengen Pemimpin mirip Umar Bin Khattab--pastikan Rakyatnya seperti Ali Bin Abi Thalib,  


Jadi kalau merasa Pimpinan kita kurang baik menurut kita--cobalah kita bawa bertobat, karena akhlak Rakyat itu mencerminkan Pemimpinnya. 


Seperti kata Ustad Yusuf Mansyur--dimanapun usahain doakan para Pemimpin-Pemimpin kita, agar di lindungin Allah serta kebijakan yang mereka putuskan bisa berdasarkan kebaikan Masyarakatnya. 


Dan gak mudah jadi Pimpinan itu, seperti pengalamanku dari bangku sekolah--yang suka jadi Ketua Kelompok, Ketua Keputrian Sekolah, Ketua KKN Ketika Kuliah, Ketua Makalah Saat Diskusi --apalagi menyatukan semua keinginan anggota organisasi--itu sangatlah tidak mudah, karena banyak yang tidak berani berhadapan dengan masalah--atau enggan bertanggung jawab ketika Guru, Dosen atau Masyarakat bertanya akan banyak hal kepada mereka. 


Jadi usahain, tetap menghargai Pimpinan dan Kantor kita dimana saja--karena mencemari lautan yang sering kita bikin buat mencari Ikan untuk kita makan--bukanlah sesuatu yang menguntungkan bagi kehidupan kita. 


Tenggarong, 23 November 2020


Sahabat Sehidup Sesurgamu


Rohana Permata Sari


Keterangan Photo : Menyendiri dari keramaian (Tafakur Alam) dan melihat tanda-tanda kebesaran Allah dari Jembatan Kutai Kartanegara--membuat aku selalu mendoakan para Pemimpin-Pemimpin Indonesia, semoga selalu di lindungin Allah dalam setiap kebijakanny a untuk Publik.

Comments