Take and Give




Jangan takut kekurangan ilmu ketika kamu berbagi apa saja dan memberi kepada siapa saja ilmumu dan bantuanmu kepada teman-teman kantormu bahkan untuk pimpinan atau bawahanmu.

Karena pekerjaan memberi itu, otomatis akan menerima lebih banyak dari yang kita beri.
Kamu bagi makanan. Kamu dapat doa org lain, kamu dapat senyum org lain, kamu dapat ngeliat wajah mereka bahagia. Duh adem, lebih enak liat mereka makan, karena nikmat Allah yg indah juga bisa kamu liat dari ekspresi orang lain yang lagi bahagia, menenangkan dan bikin senyum lama, hehehe

Kamu bagi ilmu, dengan bantuin teman-teman kantormu sebisa yang kamu mampu sesuai dengan tenagamu. Meski diluar tupoksi. Kamu musti izin dulu sama pimpinanmu-apakah dibolehin bantu teman/org lain di luar bidangmu. Kalo di bolehin, jalan terus.

Kaya mantan pimpinan gue, yang terakhir. Ih bapaknya baik banget. Suka  bolehin aku bantu bidang lain, trus kerjaanku di Program dibilang si Bapak : "santai aja bu, kerjaan mah tiap hari ada kaga selesai-selesai, bantuin aja bu dulu yang ibu mau"

Wuih sampe gue ingat kata-kata beliau. Baik pisan khan. Bos yang gak memaksakan kehendak itu ya bos gue terakhir ini, best of the best. Slow kaya di pulau, santai kaya di pantai orangnya,  hehe.  Padahal aslinya, ni orang pintar.

Pas debat dengan Profesor Universitas Gajah Mada Yogyakarta keliatan banget, berbobot ilmu dan pengalamannya. Kaya dosen gue beliau ini. Hehehe

Disaat kita memberi, secara otomatis kita akan menerima.
Take and Give di Organisasi itu adalah kebiasaan yang musti di terapkan agar organisasi gak kaku dan bisa bersifat fleksibel untuk mencapai tujuan organisasi yang baik.

Yang lucunya, pas gue kerja di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Utara, gue suka bagi-bagi apa aja--dibilang gue ngambil jatah tupoksi bidang lain. Jiaaah... bos bidang itu sendiri yg minta tolong ama gue. Masa saya gak mau bantu.
Bosku ijinkan, kaga masalah. Percaya sama pilihanku untuk membantu mereka.

Lah, ini kok anak buahnya yang sewot. Hehehe. Cemburu ni ye, bosnya lebih sayang diriku dari dirimu, hehe. Aku doain kamu biar makin disayang ya sama bosmu jadi organisasi mu sukses juga^_^

Pimpinannya minta bantuan sama gue, karena anak buahnya kaga inisiatif , banyakan ngeluh dibanding jadi cerdas. Khan anda-anda punya akal. Kerjainlah dengan pintar. Jangan mau enaknya aja. Kerja gak sebatas duit aja loh. Ada pertanggungjawaban sama Big Boss yang lebih besar amanahnya. Bantuin pimpinan lu, jangan asal nyenye mulu tiap detik, gue sering bantu itu , gak pengen aja denger keluhan-keluhanmu. Gak enak didengar kuping gue.

Jadi aku bantuin deh. Biar aku dapatin senyum bahagiamu dan kata-kata bersyukurmu sama Allah karena bantuanku.. karena sesungguhnya ilmu ini dari Allah. Kalo gak disiarkan nikmatnya dan dibagi. Nanti pertanggungjawaban dengan Big Boss Ribet.

Nih kaya gue bikin blog ini. Ini kaya Laporan Pertanggungjawaban gue sama Allah, karena begitu banyak nikmat yang dia berikan ke saya.

Musti saya siarkan, bukan berniat mau pamer sama lu lu pade, jauh dari itu yng gue pengen terima. Gue lagi manja sama Allah. Masa gue gak boleh muji-muji dia mulu, karena baiknya dia ngasih rejeki dan nikmat yang berlimpah.

Ini salah satu bentuk syukurku diberikan petunjuk untuk menulis mungil dan sederhana di blog tentang abdi negara ini. Semoga bermanfaat ya dear...

Ilmu yang dibagi, tak pernah berkurang. Malah akan bertambah dan bertambah.

Makanya dosen gak pernah jadi bodoh khan? Malah makin pinter dan cerdas. Padahal tiap hari bagi-bagi ilmu mulu dan gak bosen ilmunya di transferkan ke orang banyak , malah mereka bahagia mirip kaya Passion mereka membagikan ilmu yang bermanfaat--bisa jadi cahaya indah yang menemani di kubur nanti saat semua yang ada di dunia tak bisa kita bawa lagi.

Jadi lu lu pade. Jangan pelit ye. Ilmu keren lu lu pade, bagilah sama orang lain. Ajarin mereka jadi operator keuangan, ajarin mereka bikin Laporan Realisasi Anggaran, ajarin mereka bikin RKA, ajarin mereka bikin karya tulis ilmiah.

Lu kalo pelit. Bakalan jadi spesialis PELIT. Bulan spesialis ilmu yang lu punya. Nape yuk? Soalnya gak kebukti tuh lu spesialis, membagi sama orang lain aja lu kaga bisa. Selama lu gak bisa nyukseskan orang lain dgn ilmumu itu, kamu bukan spesialis ilmu tersebut.

Zaman sekarang perlu bukti. Bukan kata-kata doang. Kalo cuman lu yang pintar. Organisasi kaga berjalan baik keles. Soalnya organisasi itu bukan kamu doang. Cape deh ade. Organisasi itu kumpulan orang-orang. Jadi lu lu pade musti cerdasin org2 di organisasi lu, biar organisasi kamu maju dan sukses.

So, yu mus tek en gif ya dear ^_^

Dibawah ini gambar saya bersama amplop kreatif yang dibikin kaya pita dan unik.
Ini terinspirasi dari amplop cantik BPK  yang mengirimi kami sebuah makalah .
Ini amplop kreatif yang didalamnya tentang brosur-brosur Visi Dan Misi Kantor, bikin ini jadi lebih menyenangkan melihat amplop yang gak gitu-gitu terus tiap hari bentuknya.
Dengan berkreasi , rutinitas menerima amplop menjadi lebih bahagia dan gak ngebosenin ^_^



Comments